Multicultural

19.02



Assalamu'alaikum.. kembali lagi saya paparkan hasil resume mengenai pendidikan multikultural pada bab 5. semoga bermanfaat !

Diversitas sosiokultural

Dunia kita ialah dunia multicultural,dengan beragam latar belakang,adat dan nilai yang berbeda-beda. Pertanyaan tentang bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak laki-laki dan perempuan dari berbagai latar belakang,etnis dan sosioekonimi yang berbeda kini telah menjadi topic yang banyak menarik perhatian.

KULTUR DAN ETNIS
Kultur ialah pola perilaku,keyakinan dan semua produk dari kelompok orang tertentu yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Produk itu berasa dari interaksi antar kelompok orang dengan lingkungannya selama bertahun-tahun. Kelompok kultural dapat sebesar AmerikaSerikat atau sekecil suku Amazon yang terasing. Berapapun besar kultur kelompok itu akan memengarhi perilaku anggotanya.
Para psikolog dan pendidik yang mempelajari kultur sering kali tertarik untuk membandingkan apa yang terjadi dalam satu kultur dengan apa yang terjadi dalam satu atau beberapa kultur lain.
Kultur dideskripsikan dengan dua istilah : individualism & kolektivisme. Individualism ialah seperangkat alat nilai yang mengutamakan tujuan personal di atas tujuan kelompok sementara kolektivisme ialah seperangkat nilai yang mendukung kelompok.

Status Sosioekonomi
Salah satu cara paling lazim untuk mengatagorikan subkultur adalah memakai status sosioekonimi yang berarti mengelompokkan orang berdasarkan karakteristik ekonomi,individual, dan pekerjaannya. Individu dari status sosioekonomi bawah sering kali kurang pendidikannya, kurang kuat untuk memengaruhii institusi masyarakat (seperti sekolah) dan hanya punya sedikit sumber daya ekonomi.

Etnis
Kata ethnic berasal dari kata yunani yang berarti “bangsa”. Etnisitas (ethnicity) adalah pola umum karakteristik seperti warisan kultural,nasionalitas,ras,agama dan bahasa. Setiap orang adalah anggota dari satu atau lebih kelompok etnis. Relasi antar-orang yang berbeda etnis, bukan hanya di Amerika tetapi diseluruh dunia,sering kali dipenuhii dengan bias dan konflik.
Bagaimana etnis berbeda dari ras? Istilah race(ras), yang kni didiskreditkan sebagai konsep biologis, adalah klasifikasi orang atau makhluk hidup lainnya berdasarkan karakteristik psikologis tertentu. Terdapat beberapa sub dalam etnis antara lain mengenai ; etnisitas dan sekolah,prasangka, diskriminasi dan bias, diversita serta perbedaan.

Isu Bahasa
Anak mengembangkan kemampuan berbahasa dengan cara pembelajaran basa kedua (pendidikan bilingual). Pendidikan bilingual ini bertujuan untuk mengajar mata pelajaran kepada anak imigran dengan menggunakan bahasa alas mereka sembari secara betahap memberikan pelajaran dengan bahasa Inggris. Kefasihan lisan membutuhkan waktu 3-5 tahun dan untuk kefasihan akademiknya membutuhkan waktu 4-7 tahun. 
Ada kekhawatiran yang muncul biasanya dengan pengenalan bahasa Inggris sejak dini akan menyebabkan murid kehilangan kemampuan berbahasa aslinya. Akan tetapi, para peneliti telah menemukan bahwa bilingualism (kemampuan untuk berbicara dalam dua bahasa) tak mengganggu kemampuan anak dalam dua bahasa.

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Pendidikan yang menghargai perbedaan dan mewadahi beragam perspektif dari berbagai kelompok kultutral. Tujuan penting dari pendidikan multicultural adalah pemerataan kesempatan bagi semua murid. Termasuk mempersempit gap dalam prestasi akademik antara murid kelompok utama dengan kelompok minoritas. Pendidikan ini muncul dari gerakan hak-hak sipil pada 1960-an dan gerakan untuk pemerataan kesetaraan dan keadilan sosial dalam masyarakat untuk wanita serta orang kulit berwarna.
Memberdayakan Murid
Istilah pemberdayaan (empowerment) berarti memberi orang kemampuan inlektual dan keterampilan memecahkan masalah agar berhasil dan menciptakan dunia yang lebih adil. Sonia Nieto (1992), seorang keturunan Puerto Rico yang besar di NYC, percaya bahwa pendidikan membuatnya merasa latar belakang kultural kelihatan agak buruk. Dia memebrikan rekomendasi sebagai berikut :
·         Kurikulum sekolah harus jelas antirasis dan antidirkriminasi
·         Pendidikan multicultural harus menjadi bagian dari setiap pendidikan murid
·         Murid harus dilatih lebih sadar budaya(kultur).
Pengajaran yang Relevan Secara Kultural
Ialah aspek penting dari pendidikan multicultural. Pengajaran ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan dengan latar belakang kultural dari pelajar.

You Might Also Like

0 komentar