PENDIDIKAN TEKNOLOGI

05.40



Assalamu'alaikum.. 
kembali saya memposting hasil resume mengenai bab 12 dari psikologi pendidikan. Semoga bermanfaat! :) 




PERENCANAAN
Perencanaan adalah aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten(Parkay & Mass, 2000). Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan stragtegi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran. dalam perencanaan kita perlu menyusun waktu yang sistematis dimana kita membutuhkan Kerangka Waktu. Kita perlu membuat rencana untuk rentang waktu yang berbeda, mulai dari tahunan sampai harian. Walaupun perencanaan adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak menyusun rencana. Susunlah rencana tersebut dengan rapih dan jalankan.

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED
Tiga alat umum disekolah yang berguna dalam perencanaan teacher-centered adalah menciptakan sasaran behavioral(prilaku), menganalisis tugas dan menyusun taksonomi (klasifikasi) intruksional.
Menciptakan sasaran behavioral. Sasaran behavioral (behavioral objective) adalah pernyataan tentang perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid.  Sasaran behavioral harus mengandung 3 bagian yaitu ;
·         Perilaku murid.
·         Kondisi dimana perilaku terjadi.
·         Kriteria kinerja
Menganalisis tugas, yang difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen dengan melalui 3 dasar ;
1.       Menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan murid untuk mempelajari tugas
2.       Mendaftar materi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas, seperti kertas, pensil,kalkulator dan sebagainya
3.       Mendaftar semua komponen tugas yang harus dilakukan
Menyusun taksonomi instruksional juga membantu pendekatan teacher-centered. Taksonomi ialah system klarifikasi yang menurut Benjamin Bloom menjadi sasaran pendidikan atas tiga domain: kognitif,afektif dan psikomotor.
Domain kognitif terbagi atas 6 sasaran antara lain; pengetahuan,pemahaman,aplikasi,analisis,sintesis dan evaluasi.
Domain alternative terbagi atas 5 sasaran yang berhubungan dengan respons emosional terhadap tugas yaitu ; penerimaan, respons,menghargai,pengorganisasian,menghargai karakterisasi.
Domaian psikomotor yang berhubungan dengan aktivitas motor dengan pendidikan fisik dan atletik. Terbagi atas 6 sasaran yakni; gerak refleks, gerak fundamental dasar,kemampuan perseptual, kemampuan fisik,gerakan terlatih dan perilaku nondiskusif.
Instruksi langsung (direct instruction) adalah pendekatan teacher-centeredyang terstruktur dicirikan oleh arahan dan control guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negative terhadap murid-murid.
Strategi instruksional teacher-centered

-          Mengorientasikan
-          Advance organizer
-          Compractive advance organizer
-          Pengajaran,penjelasan dan demnstrasi
-          Petanyaan dan diskusi

Mengevaluasi Instruksi Teacher-Centered
Riset terhadap instruksi teacher-centered telah memberikan banyak saran berharga untuk pengajaran, antara lain:
-          Jadilah perencana yang rapi dan cptakan sasaran instruksional.
-          Selalu berharap agar murid mendapatkan kemajuan dan memastikan agar murid mendapat waktu pembelajaran akademik yang memadai.
-          Luangkan waktu untuk memberikan orientasi pelajaran.
-          Gunakan metode lecturing, penjelasan dan demonstrasi guna guna membantu beberapa aspek dari pembelajaran murid.
-          Libatkan murid dalam pembelajaran dengan mengembangakan keterampilan mengajukan pertanyaan yang baik dan meminta mereka ikut dalam diskusi kelas.
-          Suruh murid mengerjakan seatwork atau tugas lainnya dan gunakan instruksi tersendiri untuk murid tertentu atau kelompok kecil tertentu.
-          Beri pekerjaan rumah kepada murid untuk mengingatkan waktu pembelajaran akademik dan libatkan orang tua untuk membantu pembelajaran anak.

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN LEARNER-CENTERED
Prinsip learner-centered
Dalam sebuah studi, presepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positive dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan factor paling penting yang memperkuat motivasi dan prestasi murid.
Factor kognitif dan metakognitif
Ada 6 prinsip, yakni sifat proses pembelajaran,tujuan proses pembelajaran,konstruksi pengeahui,pemikiran strategis,metakognisi dan konteks pembelajaran.
Factor motivasi dan emosional
Motivasi dan emosional adalah aspek enting dari pembelajaran yang akan dideskripsikan dalam tiga prinsip lenear-centered; pengaruh motivasi dan emosional terhadap pembelajaran,motivasi intrinsic untuk belajar dan efek motivasi terhadap usaha.
Factor sosial dan developmental
Factor ini mendasari dua prinsip learner-centered ; pengaruh perkembangan pada pembelajaran dan pengaruh sosial terhadap pembelajaran.

Factor perbedaan individual
Merupakan salah satu landasan pendidikan yang efektif. Tiga prinsip learner-centered terakhir adlaah fokus individual pada pembelajaran,diversitas, serta standard an penilaian.

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Teknologi ialah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas.
Revolusi teknologi
Murid-murid dewasa ini tumbuh di dunia yang jauh berbeda dengan dimana ketika orang tua dan kakek mereka masih menjadi murid. Jika murid ingin siap kerja, teknologi harus menjadi bagian integral dari sekolah dan pelajaran di kelas. Revolusi teknologi adalah begian dari masyarakat informasi dimana kita kini hidup. Orang menggunakan computer,bolpoin,surat dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampua memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif dan bersikap positif.
Internet adalah inti dari komunikasi melalui computer.
World Wide Web (WWW) adalah system pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai nateri internet; materi ini mencakup teks dan grafis.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet.
E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. 

Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial maka dari itu berikut beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam askes dan penggunaan computer ( Gipson, 1997; sheffeld, 1997) :
-          Saring materi untuk menghilangkan bias gender,kultural dan etnis
-          Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender,etnis dan kultural.
-          Beri murid informasi tetang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka.
-          Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktifitas belajar berbasis komputer dirumah.
Standar untuk murid yang “Melek Teknologi”
·         Pra- taman kanak-kanak sampai grade 2
·         Grade 3 sampai grade 5
·         Grade 6 sampai 8
·         Grade 9 sampai 12
Masa depan komputer dimana-mana
Beberapa pakar komputer percaya bahwa generasi komputer berikutnya ialah generasi ketiga akan berupa ubiquitous computing, yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan, ketimbang ke personal. Dalam lingkungan ini, teknologi akan menjadi latar belakang. Ringkasnya ubiquitous computing akan berupa dunia pasca-PC. 

You Might Also Like

0 komentar